Skip to main content

LOMBA BERCERITA BAGI SISWA SD/MI TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021

PEDOMAN LOMBA BERCERIT BERCERITA BAGI SISW BAGI SISWA SD/MI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021

 
     Melalui pengembangan pola pikir yang kritis guna mendukung kesiapan individu dalam melihat peluang dan menjawab tantangan di era global. Pembudayaan kegemaran membaca pada satuan pendidikan ditanamkan dan dilatih pada anak-anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis, dan komunikatif. Dukungan dalam membangun kegemaran membaca diperlukan kolaborasi antara keluarga, sekolah, komunitas, masyarakat, dan pemerintah. Kemampuan membaca merupakan faktor penting dalam mengembangkan wawasan, pola pikir, dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat. Upaya pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat (Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan Bab XIII pasal 48 ayat 1). 
    
    Dinas Kearsipan Dan Perpustakan Provinsi Jawa Tengah selaku Organisasi Pemerintah Daerah melakukan tugas pemerintahan di bidang perpustakaan. Pada kesempatan ini menyelenggarakan kegiatan lomba bertutur khusus untuk Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Program ini bertujuan memberikan apresiasi dan motivasi nasional bagi pembentukan kegemaran membaca melalui jalur sekolah dasar tingkat awal. Tentunya pola apresiasi ini akan dikembangkan dan ditingkatkan Dinas Kearsipan Dan Perpustakan Provinsi Jawa Tengah pada tahun-tahun yang akan datang, baik melalui jalur sekolah, jalur masyarakat peduli, jalur lembaga pemerintah dan jalur-jalur lainnya. 
     
    Dinas Kearsipan Dan Perpustakan Provinsi Jawa Tengah menghargai semua pihak yang peduli dalam mempelopori dan melakukan berbagai upaya demi terbangunnya budaya kegemaran membaca
Indonesia dan salah satunya adalah sebagai perpustakaan pembina, dalam melakukan pembinaan semua jenis perpustakaan di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka pembinaan yang dilakukan melalui berbagai kegiatan dan salah satunya adalah Lomba Bertutur Bagi SiswaSiswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Provinsi, yang dharapkan mampu mengembangkan kegemaran membaca di tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan melestarikan aneka Pedoman Lomba Bertutur Bagi Siswa-siswi SD/MI Tahun 2021 budaya daerah (lokal) serta membangun rasa menghargai dan menghormati perbedaan suku, ras, budaya, seni dan tutur bahasa dalam kerangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. 
 
    Dinas Kearsipan Dan Perpustakan Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2021 akan melaksanakan Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) baik negeri maupun swasta Tingkat Nasional, dengan tema: “Membangun Generasi Muda Indonesia Gemar Membaca serta Menumbuhkan Karakter Bangsa Melalui Kecintaan Terhadap Budaya Lokal”.
 
SASARAN
 
Lomba ini difokuskan untuk diikuti Siswa-Siswi yang pada saat pelaksanaan lomba di tingkat nasional duduk di kelas 5 Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) baik negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia, yang lembaga sekolahnya telah mempunyai perpustakaan yang dikelola dan dikembangkan secara baik oleh petugas yang kompeten. Sebagai sasaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:
  1. Terpilihnya siswa-siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) terbaik Tingkat Nasional dalam mendongeng atau bertutur berdasarkan buku cerita budaya daerah (budaya lokal) baik yang telah dan/atau belum terdokumentasi, terpublikasi/diterbitkan (buku-buku tersebut diperoleh dari perpustakaan daerah/ kota/ maupun sekolah) di 34 provinsi; 
  2. Tampilnya siswa-siswi Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) daerah terbaik dalam mendongeng atau bertutur budaya daerah (budaya lokal) yang dapat mensosialisasikan cerita daerah masingmasing di ajang perhelatan nasional dalam mendukung pengembangan kekayaan khasanah budaya Indonesia di 34 provinsi;
  3. Terwujudnya anak-anak yang menjadi panutan bagi generasi muda di bidang gemar membaca tahun 2021.

 
Persyaratan Peserta Lomba Bertutur Bagi Siswa –Siswi Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Provinsi  
 
Peserta lomba bertutur tingkat provinsi diusulkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/ Kota dengan ketentuan sbb:  
 
  1. Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas 5 dibulan Juli 2021, yang merupakan pemenang juara pertama di Tingkat Kabupaten/Kota dan dikirim oleh Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai peserta lomba bertutur tingkat provinsi;  
  2. Berasal dari sekolah negeri maupun swasta yang memiliki perpustakaan yang perpustakaan yang dikelola dan didayagunakan dengan baik (sekurang-kurangnya 2 tahun terakhir);  
  3. Memiliki pengalaman membaca secara baik dengan jumlah buku bacaan terkait (bukan buku teks) sekurang-kurangnya 5 judul buku selama 2 tahun terakhir (lampirkan daftar judul buku yang pernah di baca bersama biodata peserta); 
  4. Melampirkan/menunjukkan surat keterangan dari kepala sekolah masing-masing tentang yang bersangkutan memenuhi persyaratan dan/atau persetujuan untuk mengikuti lomba.
Jadwal pelaksanaan Kegiatan Lomba Bertutur B agi Siswa -Siswi Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Provinsi Kegiatan pelaksanaan dan Penilaian Lomba Bertutur Tingkat Provinsi dilaksanakan pada hari Rabu Tanggal 2 bulan Juni 2021 dengan penilaian melalui rekaman VCD yang dikirim langsung ke Panitia Provinsi Paling lambat d terima pada tanggal 25 Mei 2021 . 


PEDOMAN LOMBA BERCERITA BAGI SISW BAGI SISWA SD/MI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2021 Bisa di Unduh di Sini

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...