Skip to main content

Membuat Surat Keterangan Siswa Sekali bisa Seribu #Mailing

Membuat Surat Keterangan Siswa Sekali bisa Seribu #Mailing


Mailing pada aplikasi Ms Word biasa disebut dengan mail merge. Yakni sebuah fungsi yang digunakan untuk membuat surat massal dengan format dan isi yang sama dengan tujuan yang berbeda. Selain itu mail merge juga dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan dengan format sama akan tetapi dengan isi yang berbeda.

 

Fungsi Mailing

 

Seperti dengan pengertiannya, fungsi mailing adalah membuat surat massal dengan tujuan yang berbeda.

Dalam mailing terdapat bagian-bagian yang mempunyai fungsi masing-masing:

1. Create

- Envelopes : Berfungsi untuk membuat atau mencetak bentuk amplop.

- Labels : Berfungsi untuk membuat atau mencetak bentuk label.

2. Start Mail Merge

- Start Mail Merge : Berfungsi membuat surat formulir yang ingin mencetak atau mengirim lewat E-mail beberapa kali. Yakni mengirim salinan kepada penerima yang berbeda.

 - Select Recipient : Berfungsi memilih daftar kontak yang ingin dijadikan penerima.

3. Write & Insert Field

- Highlight : Untuk memberikan warna pada dokumen.

- Addres Block : Untuk menambahkan alamat yang akan dikirimi e-mail.

- Greeting Line : Memberikan garis bawah pada nama pada dokumen.

- Insert Merge Field : Menambahkan kolom dari sumber data yang ada.

- Rules : Menambah dan menggabungkan keputusan yang dibuat.

- Match Fields : Untuk mengartikan arti yang berbeda pada penerima.

4. Preview Results

- Find Recipient : Untuk mencari penerima e-mail.

- Auto Check for Errors : Untuk menangani kesalahan saat selesai menggabungkan surat.

5. Finish

 

Cara Membuat Mail Merge

 

1. Pertama siapkan surat undangan yang telah di buat. Klik Start Mail Merge lalu pilih Step by step Mail Merge Wizard.  



2. Setelah itu klik Next : Starting document.

 

3. Klik Next : Starting document

Fungsi  Mailing Pada Ms Word 2007

 

4. Klik Next : Select recipients

Fungsi  Mailing Pada Ms Word 2007

 

Recipiencts merupakan data yang akan di masukkan ke dokumen (surat undangan).

5. Klik Next : Write your letter, setelah itu akan muncul pencarian folder dimana letak undangan yang akan di kirim.

 

6. Edit menurut keperluan, seperti First Name dengan nama dan seterusnya.

 

7. Letakkan kursor pada daerah yang ingin disisipkan lalu klik Insert Field.

 

8. Untuk menampilkan data tersebut klik Preview result.





Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...