Skip to main content

Aplikasi Sispena 3.1 BAN-PT

www.operatormadrasahhebat.my.id 

Aplikasi Sispena 3.1 BAN-PT


Pengembangan sistem akreditasi BAN PAUD dan PNF terus dilakukan seiring adanya beberapa kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pengembangan sistem akreditasi BAN PAUD dan PNF sejatinya telah dilakukan sejak 2020. Namun demikian, hasilnya terus disempurnakan pada 2021. Kebijakan BAN PAUD dan PNF tentang pengembangan sistem akreditasi dalam aplikasi Sispena 3.1 meliputi:

  1. Proses asesi dalam melampirkan dokumen sesuai instrumen Penilaian Prasyarat Akreditasi (PPA) melalui sispena 3.1; 
  2. Proses penilaian Klasifikasi Permohonan Akreditasi (KPA) yang dilakukan Asesor;
  3. Pengintegrasian database eksternal dengan aplikasi Sispena 3.1 yang membantu satuan pendidikan dalam pemenuhan PPA; 
  4. Prosedur pendataan Sispena 3.1 mulai dari tahapan pengisian PPA sampai tahapan Validasi dan Verifikasi untuk menetapkan hasil akreditasi.

Semua tahapan tersebut memerlukan pengelolaan data yang akurat dan tepat waktu untuk memfungsikan Sispena 3.1 dalam pelaksanaan akreditasi. Memperhatikan kondisi ini, BAN PAUD dan PNF menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pelatih Aplikasi Sistem tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan secara virtual pada tanggal 24-25 Mei 2021.

Peserta Pelatihan Pelatih Aplikasi Sistem terdiri dari 3 (tiga) orang, yaitu: 1 anggota Komisi SIMA dan 2 orang staf sekretariat BAN PAUD dan PNF Provinsi. Dengan demikian, total peserta kegiatan berjumlah 102 orang berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua BAN PAUD dan PNF, Prof. Dr. Supriyono, M.Pd. Hadir sebagai narasumber Prof. Dr. Biyanto, M.Ag. dan Ade Cahyana, M.Sc. Keduanya adalah Anggota BAN PAUD dan PNF dari Komisi SIMA.

Disamping itu, Tim Ahli serta Sekretariat BAN PAUD dan PNF juga mendampingi sesi kelompok selama kegiatan. Dalam kegiatan ini seluruh peserta dibekali pengetahuan dan keterampilan mengenai Sistem Penilaian Akrediasi (Sispena) 3.1 mulai dari tahapan pengisian PPA oleh asesi, penilaian KPA, Visitasi, hingga Validasi dan Verifikasi untuk menetapkan hasil akreditasi satuan PAUD dan PNF. Khusus pada 2021, BAN PAUD dan PNF melakukan akreditasi satuan PAUD dan PKBM.

Dalam sambutan pembukaan, Anggota BAN PAUD dan PNF Komisi SIMA, Prof. Dr. Biyanto, M.Ag. menyampaikan peran penting Komisi SIMA dalam pelaksanaan akreditasi. Itu karena seluruh tahapan akreditasi pada era pandemi dilaksanakan secara daring. Dengan pelaksanaan akreditasi secara daring, maka kemampuan pengelolaan data satuan dalam Sispena 3.1 penting dimiliki anggota dan staf sekretariat komisi SIMA BAN PAUD dan PNF Provinsi.

Tujuan pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Pelatih Aplikasi Sistem adalah (1) Mensosialisasikan Sispena 3.1 sebagai aplikasi pelaksanaan akreditasi online tahun 2021; (2) Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta pengembangan dan pemeliharaan database Sispena 3.1; dan (3) Mempersiapkan tenaga/personel terlatih untuk mendampingi dan mensosialisasikan Sispena 3.1 pada pihak-pihak yang memerlukan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta sehingga mereka memiliki kemampuan yang baik untuk mendampingi dan menyosialisasikan Sispena 3.1 kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Terutama sekali adalah satuan PAUD dan PKBM yang akan mengikuti kegiatan akreditasi 2021.

Join Telegram https://t.me/opm_madrasah

Comments

Popular posts from this blog

Update, User Password Bioportal Tahun 2024

Update : 30/06/2024 Dalam pelaksanaan Asesmen, ada link pendataan yang diluncurkan oleh Pusmenjar, diantaranya adalah Pra pendataan Asesmen dan Pelaksanaan Asesmen. Seperti halnya Ujian madrasah yang dimana pendataan menggunakan aplikasi PDUM ( Pangkalan Data Ujian Madrasah ) yang  integrasi tarik data siswa melalui  EMIS 4.0 ,  Asesmen madrasah pun juga demikian  berbasis integrasi tarik data siswa melalui EMIS 4.0 . Link Pendataan Asesmen Nasional  https://bioportal.kemdikbud.go.id/ User dan Password Terkait User dan Password secara default kami jelaskan sebagai berikut :  UNTUK LOGIN KE AKUN Laman Pendataan Asesmen Silahkan Lembaga Login Dengan Kombinasi berikut :  Untuk Jenjang MI User                      : DJTG0328 XXXX M Password                       :  JTG03JTG Keterangan :  XXXX  = Kode Madrasa...

Segera Mendaftar , Berikut Linimasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) Tahap 1 2024

Assalamu'alaikum Wr Wb  Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor  : B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 Tanggal: 30 April 2024 tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan   Madrasah Tahun 2024. Dengan hormat, dalam rangka optimalisasi pelaksanaan program kerja tahun 2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah akan menyelenggarakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024 sebagai bagian dari program MadrasahbEducation Quality Reform (MEQR). Sehubungan hal dimaksud, perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut:     AKGTK dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Juni 2024 , dan WAJIB diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA;  Pendaftaran melalui akun individu di SIMPATIKA pada tanggal 6 – 22 Mei 2024; AKGTK dilaksanakan secara da...

Panduan Regestrasi EMIS GTK oleh Operator Madrasah

Assalamu'alaikum Wr Wb Pada update emis kali ini, rilis fitur baru yaitu akun emis gtk madrasah  yang artinya semua GTK madrasah akan memiliki akun emis masing masing. Dalam rilis update ini proses regestrasi di lakukan oleh operator emis madrasah masing dengan mendaftarkan email gtk madrasah. Fitur baru ini termaktub dalam surat edaran dirjen pendis Nomor B-429/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/10/2024 tanggal 25 Oktober 2024 Perihal Registrasi dan Uji Coba Integrasi Data Simpatika-EMIS . dalam surat edaran ini di jelaskan bahwa dirjen pendis akan melaksanakan uji coba aplikasi yang melibatkan seluruh admin secara nasionla sebelum dirilis bulan januari 2025 Maka dari itu diinformasikan kepada madrasah untuk :  Membuat akun guru emis dilingkungan masing masing secara kolektif yang di lakukan oleh operator madrasah. Ujicoba pelaksanaan aplikasi di laksanakan mulai tanggal 28 oktober 2024 s/d 30 November 2024 Tutorial panduan regestrasi akun emis GTK madrasah bisa di simak pada vidio berikut i...